Rabu, April 29, 2009

Hak-Hak Anak kita


Apa saja hak anak atas diri kita?
Mungkin sebagian akan saya tuliskan di sini:
1 Firman Allah Ta’ala,
“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara yang baik.” (Al-Baqarah:233)
Pada ayat di atas disebutkan hak anak atas penyusuan.
2. Firman Allah Ta’ala,
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (At Tahrim:6)
Pada ayat di atas dinyatakan hak anak atas pengajaran yang hak dan yang batil untuk menjaganya dari api neraka. Sekaligus hak anak atas penjagaan pengaruh negative dari luar.
3. Allah Ta’ala berfirman,
“Dan janganlah kalian membunuh anak-anak kalian karena takut kemiskinan.” (Al Isra: 31)
Ayat di atas menggambarkan hak anak atas perlindungan.
4. Rasulullah Saw bersabda,
“seorang anak tergadaikan dengan (kambing) aqiqah yang disembelih untuknya pada hari ke tujuh kelahirannya, ia diberi nama pada hari tersebut, dan rambutnya dicukur “(Diriwayatkan para pemilik Sunan dan At Tirmidza men-shahih-kan hadist ini)
“Fitrah itu ada lima: Khitan, mencukur rambut di sekitar kemaluan, mencukur kumis, memotong kuku, dan mencabut bulu di ketiak.” (Diriwayatkan Jama’ah)
Hadist tersebut menggambarkan hak anak atas kesehatan dan kebersihan.
5. Rasulullah Saw bersabda
“Ajarilah anak tentang shalat pada usia tujuh tahun dan pukul mereka jika mereka tidak mengerjakannya pada usia sepuluh tahun, serta pisahkan mereka dalam tempat tidur.” (Diriwayatkan Abu Daud dan At Tirmidzi. At Tirmidzi meng-hasan-kan hadist ini dengan sanadnya)
Dalam hadist ini tergambar hak anak akan pendidikan yang terencana dan kemandirian. Mengamati ayat-ayat di atas tergambar dalam benak saya, bahwa tugas utama orangtua adalah menyelamatkan anaknya dari api neraka melalui pendidikan yang baik, terencana melalui tahapan yang jelas, tegas bertanggung jawab, disertai perlindungan yang nyaman.Indah ya, tapi prakteknya, sungguh sulit. Balik lagi deh, namanya juga ibadah selalu ada ujiannya.Wallohu ‘alam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar